Minggu, 11 September 2011

MATA KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN


MANAJEMEN PEMASARAN
Peranan pemasaran dan organisasi yaitu memonitor secara terus menerus menurut kebutuhan dan keinginan pasar yang berubah-ubah dan menyesuaikan produk barang dab jasa dan metode distribusi perusahaan dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Salah satu cara untuk memahami pemasaran adalah bahwa pemasaran itu adalah berupa ilmu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengubah kebutuhan-kebutuhan orang menjadi peluang yang menguntungkan bagi perusahaan. Di samping itu teknologi merupakan kekuatan yang menentukan untuk menciptakan peluang-peluang tersebut.

KONSEP-KONSEP DASAR PEMASARAN
Pengertian pemasaran yang sebenarnya adalah suatu proses sosial dan dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dgn individu-individu dan kelompok. Kesimpulannya konsep pokok pemasaran adanya kebutuhan, keinginan dan permintaan produk, nilai kepuasan, pertukaran (transaksi), transaksi pasar, serta pemasaran dengan pemasaran.

PERTUKARAN DAN TRANSAKSI
Pertukaran merupakan salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk memperoleh produk yang diinginkannya.
Ada 4 cara yang dilakukan seseorang untuk memperoleh produk yang diinginkannya,  yaitu :
1.   Memproduksi sendiri (solo production), conoth : orang yang sedang lapar pergi menangkap ikan/buah-buahan/umbi-umbian untuk menghilangkan rasa laparnya tanpa berhubungan dengan orang lain tidak ada pasar.
2.   Dengan Paksaan, orang yang sedang ke pasar dapat merampas/mencuri makanan atau barang milik orang lain.
3.   Dengan meminta-minta/pihak peminta tidak memberi imbalan
4.   Dengan jual beli/pertukaran, dengan cara membeli/menukarkan pada orang lain yang sama harganya.
Cara yang ke 4 ini menimbulkan kejadian yang disebut pemasaran karna jual beli adalah tindakan untuk memperoleh sebuah produk yang diinginkan dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan, jual beli inilah yang melandasi pemasaran. Persyaratan yang harus dipenuhi agar terjadi jual beli :
-                Minimal ada 2 pihak (penjual/pembeli).
-                Masing-masing pihak mempunyai sesuatu yang berguna bagi pihak lain.
-                Mampu berkomunikasi dan mengirimkan/menyarankan suatu produk/orang lain.
-                Semua pihak bebas menerima/menolak tawaran.
-                Semua pihak percaya bahwa memang tepat/perlu untuk berhubungan dengan pihak lain.

Pengertian Pasar
=   Besar kecilnya suatu pasar tergantung pada jumlah orang yang tergantung kebutuhannya mempunyai sumber daya yang menarik bagi orang lain dan mau menyediakan sumber daya tersebut untuk memperoleh apa yang diinginkan oleh masyarakat.
Pasar dalam arti sempit
=   yaitu suatu tempat terjadinya transaksi jual beli
Pasar dalam arti luas
=   suatu proses terjadinya transaksi jual beli melalui beberapa cara antara lain ; iternet, handphone, faxsimili dan ekspor impor
Dalam bahasa lain menggunakan istilah pasar untuk menyebut berbagai kelompok pelanggan misalnya pasar jenis makanan tertentu, contoh pasar remaja, pasar geografis. Disamping itu pasar juga memperluas konsep pasar yang mencakup kelompok seperti contohnya : pasar penyumbang.

PERENCANAAN STRATEGIS DAN PROSES
Pengertian manajemen pemasaran adalah analisis perencanaan penerapan dan pengendalian terhadap program yang dirancang untuk menciptakan dan membangun dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan oraganisasi. Manajemen pemasaran mempunyai tugas untuk mempengaruhi tingakt jangkauan waktu dan komposisi permintaan dalam suatu cara sehingga membantu organisasi untuk mencapai sasarannya.
Citra yang populer mengenai manajemen pemasaran adalah seseorang yang tugasnya terutama merangsang permintaan produk perusahaan.
Konsep pemasaran mengenyampingkan konflik potensial diantara keinginan konsumen kepentingan konsumen dan kesejahteraan konsumen (masyarakat).
Notched Right Arrow: Rabu, 22 Des 2010 



Startegi pemasaran dalam tahap kedewasaan
Tahap ini berlangsung lebih lama bila dibandingkan tahap-tahap selanjutnya, ada 3 tahapan/tingkatan :
1.  Kedewasaan pertumbuhan
Dimana tingkat pertumbuhan penjualan mulai berkurang yang disebabkan oleh dewasanya distribusi
2.  Kedewasaan mantap
Penjualan perkapita menjadi data
3.  Kedewasaan mengusang
Dimana nilai penjualan mutlak mulai jatuh dan konsumen mulai berpaling ke produk lain / produk subtitusi

Dengan menurunnya tingkat pertumbuhan penjualan, mengakibatkan kelebihan kapasitas di dalam produksi.
Strategi kedewasaan dalam kedewasaan antara lain :
-           Mengalihkan dana untuk produk yang lebih baru yang masih dalam tahap perkembangan. Ini bisa dilakukan dengan memodifikasi produk
-           Hal ini bisa dilakukan karena kerja marketing yang mengagumkan berarti manajer pemasaran jangan mengabaikan atau bertahan dengan pasif terhadap produk-produk yang sudah usang berarti harus dipikirkan secara sistimatis bagaimana modifikasi produk baru dan bauran pemasarannya

Perusahaan bisa mencoba memperluas jumlah pemakai produk dengan merk perusahaan yang sama melalui 3 cara :
1.   Ubahlah yang bukan pemakai menjadi pemakai bahwa yang bukan pemakai menjadi pemakai produksi tersebut.
2.   Memasuki segmen pasar yang baru baik dari segi geografis, demografi yang memakai produk tersebut tetapi bukan dengan merk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
3.   Rebutlah konsumen dari pesaing, berusahalah dengan segala cara untuk menarik konsumen dari pesaing agar mau mencoba dan menggunakan merk yang dimiliki oleh perusahaan berarti dalam hal ini perusahaan harus membuat iklan atau promosi dan terus menerus yang bersifat membujuk konsumen agar pindah ke produknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar