MANAJEMEN PEMASARAN
Peranan
pemasaran dan organisasi yaitu memonitor secara terus menerus menurut kebutuhan
dan keinginan pasar yang berubah-ubah dan menyesuaikan produk barang dab jasa
dan metode distribusi perusahaan dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Salah
satu cara untuk memahami pemasaran adalah bahwa pemasaran itu adalah berupa
ilmu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengubah kebutuhan-kebutuhan orang
menjadi peluang yang menguntungkan bagi perusahaan. Di samping itu teknologi
merupakan kekuatan yang menentukan untuk menciptakan peluang-peluang tersebut.
KONSEP-KONSEP
DASAR PEMASARAN
Pengertian
pemasaran yang sebenarnya adalah suatu proses sosial dan dimana individu dan
kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan
dan mempertukarkan produk dan nilai dgn individu-individu dan kelompok.
Kesimpulannya konsep pokok pemasaran adanya kebutuhan, keinginan dan permintaan
produk, nilai kepuasan, pertukaran (transaksi), transaksi pasar, serta
pemasaran dengan pemasaran.
PERTUKARAN
DAN TRANSAKSI
Pertukaran
merupakan salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk memperoleh produk yang
diinginkannya.
Ada 4 cara yang
dilakukan seseorang untuk memperoleh produk yang diinginkannya, yaitu :
1.
Memproduksi
sendiri (solo production), conoth : orang yang sedang lapar pergi menangkap
ikan/buah-buahan/umbi-umbian untuk menghilangkan rasa laparnya tanpa
berhubungan dengan orang lain tidak ada pasar.
2.
Dengan
Paksaan, orang yang sedang ke pasar dapat merampas/mencuri makanan atau barang
milik orang lain.
3.
Dengan
meminta-minta/pihak peminta tidak memberi imbalan
4.
Dengan
jual beli/pertukaran, dengan cara membeli/menukarkan pada orang lain yang sama
harganya.
Cara
yang ke 4 ini menimbulkan kejadian yang disebut pemasaran karna jual beli
adalah tindakan untuk memperoleh sebuah produk yang diinginkan dengan
menawarkan sesuatu sebagai imbalan, jual beli inilah yang melandasi pemasaran.
Persyaratan yang harus dipenuhi agar terjadi jual beli :
-
Minimal
ada 2 pihak (penjual/pembeli).
-
Masing-masing
pihak mempunyai sesuatu yang berguna bagi pihak lain.
-
Mampu
berkomunikasi dan mengirimkan/menyarankan suatu produk/orang lain.
-
Semua
pihak bebas menerima/menolak tawaran.
-
Semua
pihak percaya bahwa memang tepat/perlu untuk berhubungan dengan pihak lain.
Pengertian Pasar
= Besar kecilnya
suatu pasar tergantung pada jumlah orang yang tergantung kebutuhannya mempunyai
sumber daya yang menarik bagi orang lain dan mau menyediakan sumber daya
tersebut untuk memperoleh apa yang diinginkan oleh masyarakat.
Pasar dalam arti
sempit
= yaitu suatu
tempat terjadinya transaksi jual beli
Pasar dalam arti
luas
= suatu proses terjadinya transaksi jual beli
melalui beberapa cara antara lain ; iternet, handphone, faxsimili dan ekspor
impor
Dalam bahasa lain
menggunakan istilah pasar untuk menyebut berbagai kelompok pelanggan misalnya
pasar jenis makanan tertentu, contoh pasar remaja, pasar geografis. Disamping
itu pasar juga memperluas konsep pasar yang mencakup kelompok seperti contohnya
: pasar penyumbang.
PERENCANAAN STRATEGIS DAN PROSES
Pengertian manajemen pemasaran adalah
analisis perencanaan penerapan dan pengendalian terhadap program yang dirancang
untuk menciptakan dan membangun dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang
menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan
oraganisasi. Manajemen pemasaran mempunyai tugas untuk mempengaruhi tingakt
jangkauan waktu dan komposisi permintaan dalam suatu cara sehingga membantu
organisasi untuk mencapai sasarannya.
Citra
yang populer mengenai manajemen pemasaran adalah seseorang yang tugasnya
terutama merangsang permintaan produk perusahaan.
Konsep
pemasaran mengenyampingkan konflik potensial diantara keinginan konsumen
kepentingan konsumen dan kesejahteraan konsumen (masyarakat).
Startegi pemasaran dalam tahap
kedewasaan
Tahap ini berlangsung lebih lama bila
dibandingkan tahap-tahap selanjutnya, ada 3 tahapan/tingkatan :
1. Kedewasaan pertumbuhan
Dimana tingkat
pertumbuhan penjualan mulai berkurang yang disebabkan oleh dewasanya distribusi
2. Kedewasaan mantap
Penjualan perkapita
menjadi data
3. Kedewasaan mengusang
Dimana nilai
penjualan mutlak mulai jatuh dan konsumen mulai berpaling ke produk lain / produk
subtitusi
Dengan menurunnya
tingkat pertumbuhan penjualan, mengakibatkan kelebihan kapasitas di dalam
produksi.
Strategi kedewasaan
dalam kedewasaan antara lain :
-
Mengalihkan
dana untuk produk yang lebih baru yang masih dalam tahap perkembangan. Ini bisa
dilakukan dengan memodifikasi produk
-
Hal
ini bisa dilakukan karena kerja marketing yang mengagumkan berarti manajer
pemasaran jangan mengabaikan atau bertahan dengan pasif terhadap produk-produk
yang sudah usang berarti harus dipikirkan secara sistimatis bagaimana
modifikasi produk baru dan bauran pemasarannya
Perusahaan bisa
mencoba memperluas jumlah pemakai produk dengan merk perusahaan yang sama
melalui 3 cara :
1.
Ubahlah
yang bukan pemakai menjadi pemakai bahwa yang bukan pemakai menjadi pemakai produksi
tersebut.
2.
Memasuki
segmen pasar yang baru baik dari segi geografis, demografi yang memakai produk
tersebut tetapi bukan dengan merk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
3.
Rebutlah
konsumen dari pesaing, berusahalah dengan segala cara untuk menarik konsumen
dari pesaing agar mau mencoba dan menggunakan merk yang dimiliki oleh
perusahaan berarti dalam hal ini perusahaan harus membuat iklan atau promosi
dan terus menerus yang bersifat membujuk konsumen agar pindah ke produknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar